Sekarang nasi anak gembala kepala Lingkungan di tempat membajak itu
diintai, dengan bersembunyi, anak gembalanya disuruh membajak, tak lama
kemudian Ken Angrok datang dari dalam hutan, maksud Ken Angrok akan
mengambil nasi, ditegor oleh kepala lingkungan: "Terangnya, kamulah,
buyung, yang nengambil nasi anak gembalaku tiap tiap hari itu,"
Ken Angrok menjawab: "Betullah tuan kepala lingkungan, saya inilah yang
mengambil nasi anak gembala tuan tiap-tiap hari, karena saya lapar, tak
ada yang kumakan.."
Kata kepala Lingkungan: "Nah buyung. datanglah ke asramaku, kalau kamu
lapar, mintalah nasi tiap tiap hari, memang saya tiap tiap hari
mengharap ada tamu datang".
Lalu Ken Angrok diajak pergi ke rumah tempat tinggal kepala lingkungan itu, dijamu dengan nasi dan lauk pauk.
Kata kepala lingkungan kepada isterinya: "Nini batari, saya berpesan
kepadamu, kalau Ken Angrok datang kemari, meskipun saya tak ada di rumah
juga, lekas lekas terima sebagai keluarga, kasihanilah ia"
diceriterakan, Ken Angrok tiap tiap hari datang, seperginya dari situ menuju ke Lulumbang, ke banjar Kocapet.
Ada seorang kepala lingkungan daerah Turyantapada, ia pulang dari
Kebalon, bernama Mpu Palot, ia adalah tukang emas, berguru kepada kepala
desa tertua di Kebalon yang seakan akan sudah berbadankan kepandaian
membuat barang barang emas dengan sesempurna sesempurnanya,
sungguh ia telah sempurna tak bercacad, Mpu Palot pulang dari Kebalon,
membawa beban seberat lima tahil, berhenti di Lulumbang, Mpu Palot itu
takut akan pulang sendirian ke Turyantapada, karena ada orang
dikhabarkan melakukan perkosaan di jalan, bernama Ken Angrok.
Mpu Palot tidak melihat orang lain, ia berjumpa dengan Ken Angrok di tempat beristirahat.
Kata ken Angrok kepada Mpu Palot: ,,Wahai, akan pergi kemanakah tuanku ini,"
Kata Mpu, menjawabnya: "Saya sedang bepergian dari Kebalon, buyung, akan
pulang ke Turyantapada, saya takut di jalan, memikir mikir ada orang
yang melakukan perkosaan dijalan, bernama Ken Angrok".
Tersenyumlah Ken Angrok: "Nah Tuan, anaknda ini akan menghantarkan
pulang tuan, anaknda nanti yang akan melawan kalau sampai terdjadi
berjumpa dengan orang yang bernama ken Angrok itu, laju sajalah tuan
pulang ke Turyantapada, jangan khawatir."
Mpu di Tuyantapada itu merasa berhutang budi mendengar kesanggupan Ken
Angrok. Setelah datang di Turyantapada, Ken Angrok diajar ilmu
kepandaian membuat barang barang emas, lekas pandai, tak kalah kalau
kesaktiannya dibandingkan dengan Mpu Palot, selanjutnya Ken Angrok diaku
anak oleh Mpu Palot, itulah sebabnya asrama Turyantapada dinamakan
daerah Bapa.
Demikianlah Ken Angrok mengaku ayah kepada Mpu Palot, karena masih ada
kekurangan Mpu Palot itu, maka Ken Angrok disuruhi pergi ke Kebalon oleh
Mpu Palot, disuruh menyempurnakan kepandaiaan membuat barang barang
emas pada orang tertua di Kebalon, agar dapat menyelesaikan bahan yang
ditinggalkan oleh bapak kepala lingkungan. Ken Angrok berangkat menuju
ke Kebalon, tidak dipercaya Ken Angrok itu oleh penduduk di Kebalon.
Ken Angrok lalu marah : "Semoga ada lobang di tempat orang yang hidup menepi ini,"
Ken Angrok menikam, orang lari mengungsi kepada kepala desa tertua di
Kebalon, dipanggil berkumpul petapa petapa yang berada di Kebalon semua,
para guru Hyang, sampai pada para punta, semuanya keluar, membawa pukul
perunggu, bersama sama mengejar dan memukul Ken Angrok dengan pukulan
perunggu itu, maksud para petapa itu akan memperlihatkan kehendaknya
untuk membunuh Ken Angrok.
Segera mendengar suara dari angkasa: "Jangan kamu bunuh orang itu, wahai
para petapa, anak itu adalah anakku, masih jauh tugasnya di alam tengah
ini." Demikan1ah suara dari angkasa, terdengar oleh para petapa.
Maka ditolong Ken Angrok, bangun seperti sedia kala.
Ken Angrok lalu mengenakan kutuk: "Semoga tak ada petapa di sebelah
timur Kawi yang tidak sempurna kepandaianya membuat benda-benda emas".
Ken Angrok pergi dari Kebalon, mengungsi ke Turyantapada, ke daerah lingkungan Bapa; sempurnalah kepandaiannya tentang emas.
Ken Angrok pergi dari lingkungan Bapa menuju ke daerah desa Tugaran,
Kepala tertua di Tugaran tidak menaruh belas digangguilah orang Tugaran
oleh Ken Angrok, arca penjaga pintu gerbangnya didukung diletakkan di
daerah lingkungan Bapa, kemudian dijumpai anak perempuan kepala tertua
di Tugaran itu, sedang menanam kacang di sawah kering.
Gadis ini lalu ditemani didalam pertemuan oleh Ken Angrok, lama kelamaan
tanaman kacang menghasilkan berkampit kampit; inilah sebabnya pula maka
kacang Tugaran benihnya mengkilat besar dan gurih.
Ia pergi dari Tugaran pulang ke daerah Bapa lagi.
Kata ken Angrok: "Kalau saja kelak menjadi orang, saya akan memberi
perak kepada yang dipertuan di daerah Bapa ini. Di kota Daha dikabarkan
tentang Ken Angrok, bahwa ia merusuh dan bersembunyi di Turyantapada,
dan Daha,
Diadakan tindakan untuk melenyapkannya, ia dicari oleh orang orang Daha, pergilah dari daerah Bapa menuju ke gunung Pustaka.
Ia pergi dari situ, mengungsi ke Limbehan, kepala tertua di Limbehan
menaruh belas kasihanlah dimintai perlindungan oleh Ken Angrok itu,
akhirnya Ken Angrok berjiarah ke tempat keramat Rabut Gunung Panitikan.
Kepadanya turun petunjuk dewa, disuruh pergi ke Rabut Gunung Lejar pada
hari Rebo Wage, minggu Wariga pertama, para dewa bermusyawarah berrapat;
Demikian ini kata seorang nenek kebayan di Panitikan: "Saya akan
membantu menyembunyikan kamu, buyung, agar supaya tak ada yang akan
tahu, saya akan menyapu di Gunung Lejar pada waktu semua dewa dewa
bermusyawarah." Demikian kata nenek kebayan di Panitikan itu.
Ken Angrok lari menuju ke Gunung Lejar, hari Rebo Wage, minggu Wariga pertama tiba, ia pergi ke tempat musyawarah.
Ia bersembunyi di tempat sampah ditimbuni dengan semak belukar oleh nenek kebayan Panitikan.
Lalu berbunyilah suara tujuh nada, guntur, petir, gempa guruh, kilat,
taufan, angin ribut, hujan bukan masanya, tak ada selatnya sinar dan
cahaya, maka demikian itu ia mendengar suara tak ada hentinya,
berdengung dengung bergemuruh. Adapun inti musyawarah para dewa: "Yang
rnemperkokoh nusa Jawa, daerah manalah mestinya."
Demikianlah kata para dewa, saling mengemukakan pembicaraan: "Siapakah
yang pantas menjadi raja di pulau Jawa," demikian pertanyaan para dewa
semua.
Menjawablah dewa Guru: "Ketahuilah dewa dewa semua, adalah anakku,
seorang manusia yang lahir dari orang Pangkur, itulah yang memperkokoh
tanah Jawa."
Kini keluarlah Ken Angrok dari tempat sampah, dilihat, oleh para dewa;
semua dewa menjetujui, ia direstui bernama nobatan Batara Guru, demikian
itu pujian dari dewa dewa, yang bersorak sorai riuh rendah. Diberi
petunjuklah Ken Angrok agar mengaku ayah kepada seorang brahmana yang
bernama Sang Hyang Lohgawe. dia ini baru saja dari Jambudipa, disuruh
menemuinya di Taloka. Itulah asal mulanja ada brahmana di sebelah timur
Kawi.
Pada waktu ia menuju ke Jawa, tidak berperahu. hanya menginjak rumput
kekatang tiga potong, setelah mendarat dari air, lalu menuju ke daerah
Taloka, dang Hyang Lohgawe berkeliling mencari Ken Angrok.
Kata Dang Hyang Lohgawe: "Ada seorang anak, panjang tangannya melampaui
lutut, tulis tangan kanannya cakera dan yang kiri sangka, bernana Ken
Angrok. Ia tampak pada waktu aku memuja, ia adalah penjelmaan Dewa
Wisnu, pemberitahuannya dahulu di Jambudwipa, demikian: "Wahai Dang
Hyang Lohgawe, hentikan kamu memuja arca Wisnu, aku telah tak ada
disini, aku telah menjelma pada orang di Jawa, hendaknya kamu mengikuti
aku di tempat perjudian."
Tak lama kemudian Ken Angrok didapati di tempat perjudian, diamat amati
dengan baik baik, betul ia adalah orang yang tampak pada Dang Hyang
Lohgawe sewaktu ia memuja.
Maka ia ditanyai. Kata Dang Hyang Lohgawe: "Tentu buyunglah yang bernama
Ken Angrok, adapun sebabnya aku tahu kepadamu, karena kamu tampak
padaku pada waktu aku memuja".
Menjawablah Ken Angrok: "Betul tuan, anaknda bernama Ken Angrok."
Dipeluklah ia oleh brahmana itu. Kata Dang Hyang Lohgawe: "Kamu saya aku
anak, buyung, kutemani pada waktu kesusahan dan kuasuh kemana saja kamu
pergi."
Ken Angrok pergi dari Taloka, menuju ke Tumapel, ikut pula brahmana itu.
Setelah ia datang di Tumapel, tibalah saat yang sangat tepat, ia sangat
ingin menghamba pada akuwu. kepala daerah di Tumapel yang bernama
Tunggul Ametung.
Dijumpainya dia itu, sedang dihadap oleh hamba hambanya, Kata Tunggul
Ametung: "Selamatlah tuanku brahmana, dimana tempat asal tuan, saya baru
kali ini melihat tuan."
Menjawablah Dang Hyang Lohgawe: Tuan Sang Akuwu, saya baru saja datang
dari seberang, saja ini sangat ingin menghamba kepada sang akuwu".
Menjawablah Tunggul Ametung: "Nah, senanglah saya, kalau tuan Dang Hyang
dapat bertempat tinggal dengan tenteram pada anaknda ini". Demikianlah
kata Tunggul Ametung.
Lamalah Ken Angrok menghamba kepada Tunggul Ametung yang berpangkat akuwu di Tumapel itu,
Kemudian adalah seorang pujangga, pemeluk agama Budha, menganut aliran
Mahayana, bertapa di ladang orang Panawijen, bernama Mpu Purwa.
Ia mempunyai seorang anak perempuan tunggal, pada waktu ia belum menjadi pendeta Mahayana.
Anak perempuan itu luar biasa cantik moleknja bernama Ken Dedes.
Dikabarkan, bahwa ia ayu, tak ada yang menyamai kecantikannya itu,
termasyur di sebelah timur Kawi sampai Tumapel.
Tunggul Ametung mendengar itu, lalu datang di Panawijen, langsung menuju
ke desa Mpu Purwa, bertemu dengan Ken Dedes; Tunggul Ametung sangat
senang melihat gads cantik itu.
Kebetulan Mpu Purwa tak ada di pertapaannya, sekarang Ken Dedes sekonyong konyong dilarikan oleh Tunggu1 Ametung.
Setelah Mpu Purwa pulang dari bepergian, ia tidak rnenjumpai anaknya,
sudah dilarikan oleh Akuwu di Tumapel; ia tidak tahu soal yang
sebenarnya, maka Mpu Purwa menjatuhkan serapah yang tidak baik: "Nah,
semoga yang melarikan anakku tidak lanjut mengenyam kenikmatan, semoga
ia ditusuk keris dan diambil isterinya, demikian juga orang orang di
Panawidjen ini, semoga menjadi kering tempat mereka mengambil air,
semoga tak keluar air kolamnya ini, dosanya: mereka tak mau memberitahu,
bahwa anakku dilarikan orang dengan paksaan.
Demikian kata Mpu Purwa: ,,Adapun anakku yang menyebabkan gairat dan
bercahaya terang, kutukku kepadanya, hanya: semoga ia mendapat
keselamatan dan kebahagiaan besar."
Demikian kutuk pendeta Mahayana di Panawidjen.
Setelah datang di Tumapel, ken Dedes ditemani seperaduar oleh Tunggul
Ametung, Tunggul Ametung tak terhingga cinta kasihnya, baharu saja Ken
Dedes menampakkan gejala gejala mengandung, Tunggul Ametung pergi
bersenang senang, bercengkerama berserta isterinya ke taman Boboji;
Ken Dedes turun dari kereta kebetulan disebabkan karena nasib,
tersingkap betisnya, terbuka sampai rahasianya, lalu kelihatan bernyala
oleh Ken Angrok, terpesona ia melihat, tambahan pula kecantikannya
memang sempurna, tak ada yang menyamai kecantikannya itu, jatuh cintalah
Ken Angrok, tak tahu apa yang akan diperbuat.
Setelah Tunggul Ametung pulang dari bercengkerama itu, Ken Angrok
memberitahu kepada Dang Hyang Lohgawe, berkata: "Bapa Dang Hyang, ada
seorang perempuan bernyala rahasianya, tanda perempuan yang bagaimanakah
demikian itu, tanda buruk atau tanda baikkah itu".
Dang Hyang menjawab: " Siapa itu, buyung".
Kata Ken Angrok: " Bapa, memang ada seorang perempuan, yang kelihatan rahasianya oleh hamba".
Kata Dang Hyang: "Jika ada perempuan yang demikian, buyung, perempuan
itu namanya: Nawiswari, ia adalah perempuan yang paling utama, buyung,
berdosa, jika memperisteri perempuan itu, akan menjadi maharaja."
Ke Angrok diam, akhirnya berkata: "Bapa Dang Hyang, perempuan yang
bernyala rahasianya itu yalah isteri sang akuwu di Tumapel, jika
demikian akuwu, saya akan bunuh dan saya ambil isterinya, tentu ia akan
mati, itu kalau tuan mengijinkan."
Jawab Dang Hyang: " Ya, tentu matilah, buyung, Tunggul Ametung olehmu,
hanya saja tidak pantas memberi ijin itu kepadamu, itu bukan tindakan
seorang pendeta, batasnya adalah kehendakmu sendiri."
Kata Ken Angrok: "Jika demikian, Bapa, hamba memohon diri kepada tuan."
Sang Brahmana menjawab: "Akan kemana kamu buyung?"
Ken Angrok menjawab: " Hamba pergi ke Karuman, ada seorang penjudi yang
mengaku anak kepada hamba bernama Bango Samparan, ia cinta kepada hamba,
dialah yang akan hamba mintai pertimbangan, mungkin ia akan
menyetujuinya."
Kata Dang Hyang: "Baiklah kalau demikian, kamu jangan tinggal terlalu lama di Karuman, buyung."
Kata Ken Angrok: "Apakah perlunya hamba lama disana."
Ken Angrok pergi dari Tumapel, sedatangnya Karuman, bertemu dengan Bango
Samparan. "Kamu ini keluar dari mana, lama tidak datang kepadaku,
seperti didalam impian saja bertemu dengan kamu ini, lama betul kamu
pergi."
Ken Angrok menjawab: "Hamba berada di Tumapel, Bapa, menghamba pada sang
akuwu. Adapun sebabnya hamba datang kepada tuan, adalah seorang isteri
akuwu, turun dari kereta, tersingkap rahasianya, kelihatan bernyala oleh
hamba.
Ada seorang brahmana yang baru saja datang di Jawa, bernama Dang Hyang
Lohgawe, ia mengaku anak kepada hamba, hamba bertanya kepadanya: "Apakah
nama seorang perempuan yang menyala rahasianya itu."
Kata Sang Brahmana: "Itu yang disebut seorang perempuan ardana reswari,
sungguh baik tanda itu, karena siapa saja yang memperisterinya, akan
dapat menjadi maharaja."
Bapa Bango, hamba ingin menjadi raja, Tunggul Ametung akan hamba bunuh,
isterinya akan hamba ambil, agar supaya anaknda menjadi raja, hamba
minta persetujuan Bapa Dang Hyang,
Kata Dang Hyang: "Buyung Angrok, tidak dapat seorang brahmana memberi
persetujuan kepada orang yang mengambil isteri orang lain, adapun
batasnya kehendakmu sendiri."
Itulah sebabnya hamba pergi ke Bapa Bango, untuk meminta ijin kepada
bapa, sang akuwu akan hamba bunuh dengan rahasia, tentu akuwu mati oleh
hamba."
Menjawablah Bango Samparan: "Nah, baiklah kalau demikian, saya memberi
ijin, bahwa kamu akan menusuk keris kepada Tunggul Ametung dan mengambil
isterinya itu, tetapi hanya saja, buyung Angrok, akuwu itu sakti,
mungkin tidak dapat luka, jika kamu tusuk keris yang kurang bertuah.
Saya ada seorang teman, seorang pandai keris di Lulumbang, bernama Mpu
Gandring, keris buatannya bertuah, tak ada orang sakti terhadap
buatannya, tak perlu dua kali ditusukkan, hendaknyalah kamu menyuruh
membuat keris kepadanya, jikalau keris ini sudah selesai dengan itulah
hendaknya kamu membunuh Tunggul Ametung secara rahasia."
Demikian pesan Bango Samparan kepada Ken Angrok.
kata Ken Angrok: "Hamba memohon diri, Bapa, akan pergi ke Lulumbang."
Ia pergi dari Karuman, lalu ke Lulumbang, bertemu dengan Gandring yang
sedang bekerja di tempat membuat keris. Ken Angrok datang lalu bertanya:
"Tuankah barangkali yang bernama Gandring itu, hendaknyalah hamba
dibuatkan sebilah keris yang dapat selesai didalam waktu lima bulan,
akan
No comments:
Post a Comment